Minggu, 03 November 2013

Meningkatkan Sistem Panas Bumi (EGS)



Nama   : Muhammad Rizky Yannuar
Kelas    : 2TB04
NPM     :25312088


1. Meningkatkan Sistem Panas Bumi (Enhanced Geothermal Systems / EGS)

  EGS

Tujuan dari sistem ini adalah memanfaatkan panas alami yang dihasilkan oleh bumi untuk menghasilkan sumber  listrik. Panas yang berasal dari dalam bumi dihasilkan dari reaksi keseluruhan unsur-unsur radioaktif seperti uranium dan potassium. Reaksi nuklir yang sama saat ini masih terjadi di matahari dan bintang-bintang yang tersebar di jagad raya. Reaksi ini menghasilkan panas hingga jutaan derajat celcius. Permukaan bumi pada awal terbentuknya juga memiliki panas yang dahsyat. Namun setelah melewati masa milyaran tahun, temperatur bumi terus menurun dan saat ini sisa-sisa reaksi nuklir tersebut hanya terdapat dibagian inti bumi saja. Pada kedalaman 10.000 meter atau 33.000 kaki, energi panas yang dihasilkan bisa mencapai 50.000 kali dari jumlah energi seluruh cadangan minyak bumi dan gas alam yang masih tersimpan di dunia. Inilah yang menjadi sumber energi panas bumi.
Keberhasilan di proyek EGS seperti di Cooper Basin di Australia, di mana mereka mencapai  tiga setengah kapasitas aliran  setelah pengeboran  ke 250 ° C hingga empat kilometer di bawah tanah. EGS adalah beban dasar sumber daya, yang mampu untuk menghasilkan tenaga listrik 24 jam sehari. Mengandalkan Sistem panas bumi ini juga sangat ekonomis untuk mendirikan sebuah pengoperasian EGS daripada mendirikan pabrik pembakaran batubara listrik baru.

Selain itu,Teknologi EGS, seperti hidrotermal panas bumi, dapat berfungsi sebagai sumber daya beban-dasar yang menghasilkan daya 24 jam sehari, seperti tanaman bahan bakar fosil. Tidak seperti hidrotermal, EGS tampaknya layak di mana saja di dunia, tergantung pada batas-batas ekonomi kedalaman bor. Lokasi yang baik lebih mendalam granit ditutupi oleh 3-5 kilometer (1,9-3,1 mil) lapisan sedimen isolasi yang kehilangan panas lambat [5] sumur EGS diharapkan memiliki umur 20 sampai 30 tahun sebelum suhu turun outflow. sekitar 10 c (18 f) dan baik menjadi tidak ekonomis.
Sistem EGS saat ini sedang dikembangkan dan diuji di Perancis, Australia, Jepang, Jerman, Amerika Serikat dan Swiss. Yang terbesar proyek EGS di dunia adalah pabrik percontohan 25-megawatt saat ini sedang dikembangkan di Cooper Basin, Australia. Cooper Basin memiliki potensi untuk menghasilkan 5.000-10.000 MW.

Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar

Design by BlogSpotDesign | Ngetik Dot Com